large image
KEPALA PERANGKAT DAERAH

H.TETEN HERTIAMAN,S.Pd,M.Si
NIP. 19630409 198305 1 005
SEKILAS KOTA CILEGON
PENGUMUMAN
AGENDA
PUSAT UNDUHAN
Klik Gambar di Bawah ini
LINK TERKAIT


Sejarah
Bagikan Artikel ini :

      Dalam Pembukaan Undang – undang Dasar 1945 tersebut dinyatakan bahwa tujuan bernegara dan berbangsa itu salah satunya adalah untuk mencerdaskan kehidupan bangsa. Tujuan tersebut sangatlah tepat, sebab harus disadari bahwa kelangsungan tegak majunya Negara dan Bangsa Indonesia yang kita cintai ini sangat tergantung kepada Sumber Daya Manusia (SDM) itu sendiri khususnya kepemudaan dan keolahragaan itu lah sebabnya mempersiapkan Sumber Daya Manusia yang bermutu dan memiliki standar kompetitif yang tinggi serta berkualitas yang disertai dengan akhlak yang baik adalah syarat mutlak untuk mencapai keberhasilan program pembangunan berbagai sektor program baik dalam skala pembangunan nasional ataupun pada tataran pembangunan daerah.

      Mempersiapkan Sumber Daya Manusia di bidang kepemudaan dan Keolahragaan dilakukan melalui pendidikan, pelatihan dan pembinaan. Hal tersebut diatas sangat penting untuk mengembangkan potensi Kepemudaan dan Keolahragaan agar mampu beradaptasi dengan perubahan yang terjadi dan mampu memanfaatkan kecakapannya bagi pembangunan baik dalam skala regional maupun dalam skala nasional.

      Dengan ditingkatkannya pembangunan bidang Kepemudaan dan keolahragaan maka dapat dikatakan pendidikan, pelatihan dan pembinaan sebagai human investmen, yang memerlukan perhatian dari pemerintah tetapi juga perhatian dari masyarakat dan keluarga.

      Pada hakekatnya pendidikan, pelatihan dan pembinaan dalam kontek pembangunan nasional dan daerah mempunyai fungsi (1).Pemersatu bangsa, (2).Penyamaan kesempatan (3) Pengembangan Potensi diri serta (4).Mendorong dan mempercepat pembangunan SDM di daerah.

      Kebijakan otonomi daerah yang berkembang saat ini memberi kesempatan kepada setiap daerah untuk mengatur dan mengurus daerahnya sesuai dengan kewenangan, karakteristik, dan kemampuan yang dimiliki. Salah satu bidang yang ditangani oleh daerah adalah bidang pemuda dan olahraga. Dalam menjalankan roda pembangunan, pemuda mempunyai peran yang cukup vital. Sejarah membuktikan bahwa eksistensi dan peranan pemuda sangat berpengaruh dalam menggerakkan negara dan roda pemerintahan. Pemuda menjadi pilar dalam mengisi pembangunan.

      Terlepas dari pada peran serta pemuda, pemerintah pusat dan pemerintah daerah bertanggung jawab melaksanakan pembinaan dan pengembangan olahraga, tenaga keolahragaan dan organisasi olahraga, penyediaan dana olahraga, penyusunan metode pembinaan dan pengembangan olahraga, penyediaan sarana dan prasarana olahraga, serta pemberian penghargaan di bidang keolahragaan.

      Bidang pemuda dan olahraga pada dasarnya merupakan sektor penting bagi upaya pembentukan dan peningkatan kualitas sumber daya manusia. Berdasarkan pengertian tersebut maka Pemerintahan Daerah Kota Cilegon  yang dibentuk berdasarkan Peraturan Daerah Kota Cilegon Nomor 6 Tahun 2008  tentang Pembentukan Organisasi  Dinas Daerah Kota Cilegon dan Peraturan Walikota Cilegon Nomor 43 Tahun 2008  tentang Organisasi dan Tata Kerja Dinas Pemuda dan Olahraga Kota Cilegon.

KONTAK
Klik Gambar di Bawah ini
POOLING

Bagaimana menurut pendapat anda tentang layanan di website ini?

Kurang
Cukup
Sangat Bagus
Tidak Tahu

Hasil Polling
DOKUMENTASI
SOSIAL MEDIA